Setiap hari kita menghabiskan waktu selama kurang lebih 8 jam untuk bekerja. Sebagian besar pekerjaan sudah pasti tidak lepas dari meja kerja yang merupakan tempat untuk meletakkan berbagai macam perlengkapan mulai dari dokumen, buku, laptop, alat tulis. Namun, jangan membiarkan meja kantor kamu berserakan hanya karena tidak sempat atau malas untuk merapikannya. Selain dapat membuat ruang kerja lebih nyaman di pandang, meja yang rapi akan meningkatkan produktivitas. Tidak ingin bukan tempat kerja kamu seperti kapal pecah yang membuat kita tidak betah berada di sana?
Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat meja menjadi lebih rapi. Pertama, atur barang dengan sistematis sesuai dengan fungsinya. Seperti memasukkan kertas ke folder atau arsip sehingga tidak menumpuk di meja dan membuat meja begitu berantakan. Kamu dapat menggabungkan alat tulis di tempat yang sama agar lebih mudah di cari. Saat semua barang yang ada di meja kantor kamu, nantinya saat dibutuhkan tidak ada lagi cerita harus mengubek-ubek meja. Seluruh dokumen yang telah dikelompokkan sesuai dengan kebutuhannya juga akan memudahkan kamu kedepannya.
Kedua, membuang sampah pada tempatnya. Kadang kita sering menyepelekan sampah kecil seperti plastik, permen, robekan kertas dan yang lainnya sehingga sampah kecil ini akan bertebaran di atas meja kerja Anda. karena ukuran yang kecil ini, pasti Anda menganggapnya tidak penting bahkan hanya menjadi gangguan. Akan tetapi jangan biarkan hal ini menjadi sebuah kebiasaan karena akan semakin mengumpulkan sampah di atas meja. Sebisa mungkin, biasakan untuk membuang sampah ketempatnya, entah sekecil apapun sampah tersebut. Kamu dapat menyediakan sampah kecil di dekat meja sehingga kamu bisa langsung membuang sampah tersebut tanpa perlu berjalan.
Ketiga, hindari makan siang di atas meja. Sadarkah kamu ketikan kamu makan siang di atas meja, sering kali terdapat remah yang jatuh serta mengotori area meja, entah di atas atau pun di bawah meja. Bila kamu tidak menyadarinya, nantinya remah-remah ini dapat mengundang hewan kecil yang mampir, dan akhirnya malah membuat tempat kerja kamu menjadi kurang nyaman. Oleh sebab itu usahakan kamu makan di ruang yang telah disediakan untuk makan. Jika terpaksa kamu harus makan di atas meja, pastikan bila sisa makanan kamu sudah bersih. Pasti kamu tidak ingin bukan saat sedang serius bekerja ternyata tangan kita menyentuh kotoran dan akhirnya membuyarkan konsentrasi kita?
Keempat, sediakan kotak pensil untuk alat tulis. Jika kamu tidak menggunakan kotak pensil, nantinya alat tulis kamu akan berserakan begitu saja di meja. Sebelum alat tulis tersebut semakin berantakan, lebih baik kamu mulai merapikannya mulai dari pulpen, clip, pensil dan yang lainnya. saat merapikan alat tulis ini, usahakan kamu juga mengetesnya apakah alat tulis tersebut masih dapat digunakan atau tidak, alat tulis yang tidak dapat digunakan, segera buang agar tidak memenuhi tempat.
Terakhir, selalu rapikan meja. Agar meja kerja selalu terjamin kerapiannya, biasakan untuk membersihkan meja sebelum kamu pulang kerja dengan rutin sehingga nantinya sampah atau barang yang kurang penting tidak akan menumpuk di atas meja. Jika banyak barang atau dokumen di meja akan membuat kita kurang fokus dan akhirnya mengganggu kinerja pekerjaan kita. dengan merapikan meja sebelum pulang, besuk paginya kita akan menjadi lebih bersemangat karena tidak bertemu dengan meja yang berantakan.
Artikel Terkait
tips