Hari belanja online sebentar lagi akan datang. Promo belanja harbolnas yang begitu besar sering digunakan sebagian besar orang untuk belanja. Tetapi, dari kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan oleh Harbolnas ada banyak kelemahan yang terjadi saat proses belanja. Hal ini bisa menjadi kekurangan toko online yang berada di Indonesia. lantas, apa saja kekurangan yang muncul?
Pertama, waktu pengiriman barang yang cukup lama serta tidak tepat waktu. Masalah ini menjadi kendala yang sering terjadi, waktu yang terlampau lama saat pengiriman barang akan membuat konsumen menjadi merasa kurang nyaman, lebih-lebih jika waktu pengiriman tidak sesuai dengan yang sudah dijanjikan. Hal ini sangat penting. mungkin ini juga berkaitan dengan letak geografis Indonesia yang luas serta berpulau-pulau. Tetapi, jika masalah seperti ini dibiarkan saja oleh pelaku bisnis, tidak menutup kemungkinan pemain luar negeri bisa memberi pelayanan yang lebih maksimal dibandingkan dengan ecommerce yang berada di Indonesia. jangan sampai hal ini terjadi karena kurangnya perhatian kita pada pengiriman barang.
Kedua, tidak fast respons. Memang, ketika promo belanja harbolnas berlangsung, akan ada begitu banyak transaksi di toko online. namun bukan berarti Anda membenarkan diri jika slow respons adalah hal yang biasa. Masalah pelayanan lagi-lagi memang menjadi titik lemak untuk aktivitas belanja online yang berada di Indonesia. di dalam hal ini, yang paling dirugikan pasti konsumen. Beberapa toko online memang sudah ada yang memberikan pelayanan CS 24 jam. Sayangnya belum semuanya demikian. Sulit menghubungi toko online akan semakin parah saat konsumen menanyakan komplain. Suka atau tidak suka, hal ini memberi kesan buruk di mata konsumen seperti pemilik toko tidak bertanggung jawab pada keluhan konsumen. Karena Anda sudah mengetahui betul Harbolnas akan segera datang, usahakan sudah memiliki tenaga untuk menjadi CS toko Anda.
Ketiga, ongkos kirim yang terbilang tinggi. masalah ongkos kirim ini sebenarnya sudah mulai disikapi oleh toko online, seperti ada beberapa toko yang menghilangkannya atau memberikan promo gratis ongkir untuk jumlah belanja tertentu. Sayangnya, hanya beberapa toko saja dan masih sangat minim. Ongkos kirim ini bisa menjadi masalah yang begitu besar ketika konsumen ingin membeli barang yang berat di ongkir. Bisa jadi mereka akan mengurungkan niat karena besarnya ongkir yang harus dibayarkan. Jadi, pikirkan hal ini dengan baik untuk kedepannya. Dengan penetrasi teknologi internet yang mulai masuk di daerah pelosok, tidak menutup kemungkinan konsumen akan muncul dari daerah pelosok terpencil.
Keempat, barang yang dikirimkan kurang sesuai dengan pesanan. Sebenarnya, ini juga menjadi masalah klasik yang sering terjadi sekarang ini. Kurang sesuainya barang bisa terjadi. Ketidak sesuaian barang ini seperti ukuran, tipe, model dan banyak lagi. masalah seperti ini tanpa disadari akan mengecewakan konsumen. Efeknya, mereka dapat menganggap jika toko tersebut tidak beres. Padahal, hal ini sering terjadi pada toko yang masih baru karena belum rapinya manajemen yang ada di dalam pengelolaan pesanan konsumen. Jadi, saat ingin belanja online, lebih baik memilih toko dengan reputasi yang bagus.
Terakhir, penipuan pada konsumen. Promo belanja harbolnas juga sering menjadi moment untuk menipu konsumen. Ada yang memberikan diskon begitu besar hingga harga menjadi tidak wajar, ada pula yang tidak mengirimkan barang ke konsumen. Banyak diskon yang kurang bertanggung jawab hingga mencapai 90%. Diskon yang tidak wajar ini bisa menjadi penipuan publik.
Artikel Terkait
informasi