Key Performance Indicators (KPI) dalam bahasa indonesia Indikator kinerja utama adalah bahan mentah perusahaan yang melek data. Penggunaan KPI yang ketat, termasuk analisis, memungkinkan para pemimpin yang melek data untuk menjawab 2 pertanyaan terpenting yang mereka miliki.
KPI sebagai alat pelacakan kinerja yang memungkinkan kita dengan cepat menganalisis indikator kinerja utama dan memahami bagaimana kinerja perusahaan Anda sehubungan dengan tujuan tertentu. Mereka termasuk visualisasi data, yang terdiri dari bagan, tabel, dan grafik. Laporan KPI modern bersifat interaktif, dan semua data yang mendasarinya dapat diakses dengan cepat.
Sedikit cerita ini mungkin akan memberikan gambaran & pengingat misalnya hendak melangkah pada hal baru.
Apakah KPI ini berhasil?
Meskipun klise, satu-satunya yang konstan dalam bisnis adalah perubahan. Selalu ada produk baru, program internal, kampanye marketing, promosi, dll.
Penggunaan KPI yang ketat memungkinkan para pemimpin untuk dengan cepat memastikan (misalnya, melalui dasbor eksekutif) apakah hal baru menggerakkan jarum untuk bisnis.
Masalahnya, ada ribuan KPI yang bisa dipilih. Jika Anda memilih yang salah, maka Anda mengukur sesuatu yang tidak sesuai dengan tujuan Anda. Lalu, bagaimana sebaiknya Anda memilih KPI yang tepat untuk organisasi Anda?
Bukan hal yang aneh bagi perusahaan untuk menyimpang dari jalurnya sebagai akibat dari penggunaan tindakan yang salah. Tetapi semakin cepat Anda menemukan kesalahan Anda, semakin baik—dan Anda selalu dapat kembali ke jalur yang benar dengan meninjau kembali KPI Anda.
Mengapa KPI tidak berhasil?
Yang mengarah ke pertanyaan kedua ini, organisasi yang melek data secara ketat menganalisis KPI mereka untuk menemukan "mengapa" dari apa yang terjadi dalam bisnis. Mereka melakukannya melalui bentuk Diagnostik Analytics yang standar dan dapat diulang.
BTW - Aturan analisis KPI dapat dipelajari oleh profesional APAPUN dan diketahui oleh manajer yang melek data.
Siapa yang menyusun KPI?
Tentu saja manajemen membuat & menyusin KPI perusahaan dan menentukan departemen apa yang akan bekerja dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan KPI tersebut. Kemudian tim human resource bersama manajer departemen membuat KPI karyawan atau operasional KPI berdasarkan jabatan masing-masing.
Sesuai dengan filosofi, hal di atas paling sesuai dengan Aturan analitik.
Ada banyak KPI untuk dipilih, dan Anda ingin mempersempit daftar sehingga Anda hanya melacak KPI yang benar-benar akan membantu mendorong strategi Anda ke depan. KPI yang tepat untuk Anda mungkin bukan KPI yang tepat untuk organisasi lain.
Pastikan Anda telah meneliti sebanyak mungkin indikator kinerja utama untuk menentukan mana yang sesuai untuk industri Anda. Dari sana, tentukan target KPI mana yang akan membantu Anda lebih memahami dan memenuhi tujuan Anda, lalu mengintegrasikannya ke seluruh departemen Anda. KPI harus sesuai dengan strategi Anda, bukan hanya industri Anda.
Jika perusahaan Anda menangani literasi data pada tahun 2022, mulailah dengan KPI.
Tetap sehat dan bahagia sleuthing data!
Artikel Terkait
informasi